Siap-siap: Aplikasi Zoom Segera Ditutup Untuk Chrome OS

Platform video conference, Zoom dilaporkan akan menghentikan dukungan untuk aplikasi di Chrome OS. Melalui pemberitahuan pada aplikasi Zoom di Chromebook, perusahaan menjelaskan bahwa aplikasi tersebut tidak akan lagi didukung secara resmi setelah Agustus 2022.

Dengan demikian, pengguna tidak akan lagi bisa menginstal aplikasi Zoom di laptop Chromebook. Jadi, bagi pengguna Chromebook yang terbiasa memakai Zoom untuk meeting atau untuk ngobrol dengan teman main sebaiknya siap-siap dengan perubahan ini.

Aplikasi Zoom sebelumnya sudah dihapus dari Chrome Web Store pada November 2021 lalu dan hanya bisa diakses melalui link yang diberikan.

Meski demikian, Zoom memberikan solusi dengan menghadirkan pengganti yaitu Zoom untuk Chrome PWA (Progressive Web App). Artinya, pengguna yang akan menggunakan Zoom pada Chrome OS harus mengaksesnya melalui aplikasi web.

Zoom dihapus dari Chromebook

Zoom untuk Chromebook

Aplikasi Zoom untuk Chromebook yang sudah tersedia selama beberapa tahun ini hanya menyediakan akses sederhana seperti rapat Zoom tanpa fungsi tambahan apapun. Selain itu, aplikasi ini juga belum mendapatkan pembaruan penting selama beberapa waktu.

Perusahaan pun memutuskan untuk mematikan aplikasi Zoom untuk Chrome OS karena sebagian dibangun di atas teknologi yang menua, salah satunya adalah aplikasi Chrome “tradisional” yang dinilai tidak begitu relevan untuk digunakan lagi saat ini.

Apalagi, pada Agustus 2020 Google telah mengumumkan bahwa pihaknya akan menghapus aplikasi Chrome lawas tersebut di semua platform. Dukungan untuk Windows, Mac, dan Linux bahkan sudah berakhir pada Juni 2021.

Mulai Juni 2022, Google juga menarik aplikasi Chrome lawas di Chrome OS. Mengingat hal tersebut, tak heran jika Zoom akan mengakhiri dukungan resmi untuk aplikasinya di Chromebook.

Mengapa Zoom dihapus dari Chromebook?

Menurut pihak Zoom, penghapusan dukungan aplikasi untuk Chromebook adalah agar bisa memberikan solusi yang lebih baik bagi pengguna. Zoom versi Chrome PWA yang sudah dimulai sejak Juni 2021 diketahui sudah lebih lengkap dengan serangkaian pembaruan fitur. Versi ini merupakan peningkatan dari aplikasi Zoom yang ada di Chrome dan Chrome OS.

Berdasarkan keterangan dari 9to5Google, Zoom untuk Chrome PWA merupakan aplikasi yang lebih lengkap dibanding aplikasi aslinya yang tersedia untuk Windows atau macOS.

Zoom untuk Chrome PWA juga dilengkapi dengan antarmuka yang lebih mutakhir, antara lain background yang dapat dibuat blur. PWA dari Zoom juga menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan fitur tambahan ke panggilan video.

Tentang PWA

Aplikasi web progresif (PWA) sendiri mirip dengan situs web namun dapat diinstal seperti aplikasi, sehingga dapat dibuka di jendelanya sendiri tetapi masih berfungsi seperti apapun yang dibuka melalui browser.

Dengan demikian, PWA juga dapat membuka tautan, menampilkan lencana notifikasi, mendapatkan pembaruan, namun mengambil lebih sedikit ruang penyimpanan daripada aplikasi desktop dan cenderung mampu berjalan lebih cepat.

PWA dari Zoom untuk Chrome OS menghadirkan banyak fitur baru dan semua hal yang disukai dari versi desktop Zoom. Dengan Zoom untuk Chrome PWA, pengguna Chromebook akan dapat mengakses opsi seperti mengaktifkan atau menonaktifkan penerimaan video, meminta kendali jarak jauh, hingga memulai polling atau sesi tanya jawab.

Pengguna juga dapat menikmati ruang istirahat yang ditentukan sendiri, transkripsi langsung, terjemahan langsung dengan penerjemah yang ditetapkan, tanggapan dan rapat yang diangkat, fitur penyembunyian latar belakang untuk privasi pengguna, serta tampilan galeri yang dapat disesuaikan (pada perangkat yang didukung).

Pengguna Chrome OS dapat mengunduh Zoom PWA secara langsung melalui browser atau Google Play Store. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali dan memiliki rating 3.8 karena dinilai memiliki banyak kekurangan. Dari review pengguna, Zoom PWA tidak mampu menyimpan pengaturan, akun keluar sendiri dari aplikasi, hingga bermasalah pada kualitas audio dan video.

Tinggalkan komentar