Rekomendasi 7 Aplikasi Pengolah Angka Laptop Terbaik 2023, Tersedia Open Source!

  • febi mahesa
  • Nov 05, 2023

Seiring dengan kemajuan teknologi, aplikasi pengolah angka atau spreadsheet telah menjadi alat yang tak tergantikan dalam dunia bisnis, pendidikan, dan kehidupan sehari-hari.

Dengan fitur-fitur yang canggih, aplikasi ini membantu pengguna dalam membuat, memanipulasi, dan mengedit data angka dengan mudah dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa aplikasi pengolah angka terbaik yang bisa diandalkan. Mari kita simak!

1. Lotus 123

Lotus 123

Lotus 123 adalah salah satu aplikasi pengolah data angka yang dikembangkan oleh IBM. Aplikasi ini awalnya dirancang untuk sistem operasi DOS, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, kini sudah mendukung sistem operasi Windows. Lotus 123 menjadi sangat populer pada tahun 80-an.

Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang kompatibel dengan Excel, seperti fungsi, rumus, grafik, dan teks. Pengguna dapat dengan mudah menyalin atau memindahkan lembar kerja sesuai kebutuhan.

Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Lotus 123 adalah SmartLabel, yang memungkinkan pengguna untuk membuat rumus dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini juga mendukung penggunaan hingga 65.536 baris.

2. Microsoft Excel

Microsoft

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah angka yang sangat populer dan telah menjadi andalan dalam berbagai kebutuhan. Antarmukanya yang ramah pengguna dan mudah dipahami membuat Excel menjadi familiar bagi banyak orang. Aplikasi ini telah diperkenalkan sejak tahun 1987 dan terus meningkatkan popularitasnya hingga saat ini.

Excel menawarkan fitur-fitur lengkap dan beragam format fungsi yang dapat digunakan untuk pengolahan angka. Dengan Excel, pengguna dapat melakukan berbagai perhitungan akuntansi, seperti menghitung rata-rata, pembagian, perkalian, pengurangan, dan nilai maksimum.

Kecepatan loading Excel yang cepat membuat pengguna dapat dengan mudah mengakses dan menggunakan aplikasi ini. Selain itu, file Excel juga dapat disimpan dalam berbagai format, seperti PDF dan Open Office.

3. KSpread

KSpread

KSpread adalah salah satu aplikasi pengolah angka yang termasuk dalam paket KOffice. Karena sifatnya yang open source, pengguna dapat mengubah kode sumber untuk menambahkan fitur-fitur baru sesuai kebutuhan, sehingga meningkatkan fungsionalitas aplikasi ini.

Aplikasi ini mendukung berbagai sistem operasi, mulai dari Windows hingga Linux. Dengan fitur-fitur yang tersedia, pengguna dapat dengan mudah dan efektif melakukan pengolahan data angka.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh KSpread antara lain lembar kerja, dukungan untuk lebih dari 100 fungsi, pemeriksaan ejaan, dan lain-lain. Antarmuka yang ramah pengguna membuat pengguna tidak mengalami kesulitan saat mengakses aplikasi ini.

KSpread juga memiliki kemampuan untuk mengurutkan berbagai jenis data, pengolahan angka dengan tabel, serta elemen-elemen lain yang mendukung pengolahan data angka, seperti tabel dan grafik.

4. Spread32

Spread32

Spread32 adalah aplikasi pengolah angka alternatif yang dapat diandalkan. Fitur-fitur yang disediakan aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, memberikan keleluasaan bagi pengguna.

Aplikasi ini dilengkapi dengan 300 fungsi matematika dan trigonometri yang dapat digunakan untuk referensi, logika, teknik, dan laporan keuangan.

Halaman lembar kerja mendukung berbagai format, seperti XLS, PXL, dan CSV. Spread32 lebih cocok digunakan untuk mengelola dan menganalisis data dalam jumlah kecil.

Meskipun begitu, aplikasi ini tetap menyediakan berbagai fitur yang mendukung pengelolaan angka, seperti menyisipkan bagan, filter data, pengaturan format bersyarat, dan lain-lain.

5. XESS

XESS

XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi, termasuk Linux, Open VMN, UNIX, dan Windows. Kelebihan utama XESS adalah kemampuannya untuk mengolah data angka dengan fitur yang lengkap. Aplikasi ini memiliki dua versi, yaitu enterprise yang cocok untuk kebutuhan perusahaan, dan versi lite yang dapat digunakan oleh perorangan.

Salah satu keunggulan XESS adalah kemampuannya untuk mengimpor file dari Excel dan Lotus. Selain itu, XESS juga mendukung pengaturan format waktu dan tanggal sesuai keinginan pengguna. Fitur menarik lainnya adalah kemampuan untuk mengaktifkan lembar kerja secara bersamaan, memungkinkan kolaborasi yang efisien.

6. Abacus

Abacus

Abacus adalah pilihan terbaik bagi pengguna yang mencari aplikasi pengolah angka ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan perangkat. Dengan ukuran hanya sekitar 2 MB, Abacus dapat bekerja secara optimal dan memberikan responsifitas yang baik. Aplikasi ini cocok untuk pengguna yang ingin melakukan pengolahan angka dengan cepat.

Antarmuka Abacus hadir dengan gaya minimalis yang hemat memori, memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Pengoperasiannya mudah digunakan, sehingga pengguna yang baru pertama kali menggunakannya tidak akan mengalami kesulitan. Namun, perlu diperhatikan bahwa Abacus hanya dapat digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Linux.

7. StarOffice Calc

StarOffice Calc

StarOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka dengan teknologi canggih yang mampu mengenali dan mengklasifikasikan data pada lembar kerja.

Fitur-fitur seperti pembuatan grafik dari data tertentu memungkinkan pengguna melakukan pengolahan angka dengan mudah dan cepat. Berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan angka dapat dilakukan secara efisien berkat fitur-fitur beragam yang disediakan.

Aplikasi ini memiliki sifat open-source dan multiplatform, sehingga dapat menjadi andalan pengguna Linux dengan sistem kerja yang fleksibel.

Tampilan aplikasi juga dirancang menarik dengan kesan profesional. Jendela lembar kerja dilengkapi dengan tombol toolbar dan menu yang sederhana, memudahkan pengguna untuk memahami dan menggunakan setiap fitur yang tersedia. Dengan aplikasi ini, pengguna Linux dapat dengan mudah mengelola dan menganalisis data angka dengan efisiensi yang tinggi.

Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan aplikasi pengolah angka yang tepat, pengelolaan dan analisis data angka di Linux dapat dilakukan dengan mudah dan efektif.

Related Post :