Rekomendasi 6 Aplikasi Root APK Android Terbaik

  • febi mahesa
  • Aug 14, 2023
Rekomendasi 6 Aplikasi Root APK Android Terbaik

Android, sebagai sistem operasi berbasis kernel Linux, menawarkan berbagai fitur dan kemampuan luar biasa. Namun, terdapat batasan dan pembatasan yang dikenakan oleh produsen terhadap akses pengguna terhadap perangkat mereka.

Untuk mengatasi batasan ini dan mendapatkan akses penuh ke perangkat Android Anda, ada proses yang disebut “rooting”. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa aplikasi root APK Android terbaik yang dapat Anda pertimbangkan untuk melakukan rooting pada perangkat Anda.

Pentingnya Menyadari Risiko Rooting

Sebelum kita melanjutkan, penting untuk menyadari bahwa melakukan rooting memiliki risiko dan kerugian tertentu. Rooting perangkat Android dapat membatalkan garansi perangkat Anda, meningkatkan risiko keamanan, dan mempengaruhi stabilitas sistem.

Selain itu, jika tidak dilakukan dengan hati-hati, rooting juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat Anda. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan untuk melakukan rooting pada perangkat Android Anda.

Daftar Aplikasi Root APK Android Terbaik

Berikut adalah beberapa aplikasi root APK Android terbaik yang dapat Anda pertimbangkan:

1. SuperSU

SuperSU

SuperSU adalah salah satu aplikasi root yang paling populer di Android. Dikembangkan oleh Chainfire, SuperSU menawarkan fitur yang andal dan kompatibilitas dengan berbagai perangkat Android. Dengan SuperSU, Anda dapat mengakses hak akses penuh pada perangkat Anda dan mengelola izin aplikasi dengan mudah.

2. Magisk

How to Install Magisk on Android

Magisk adalah aplikasi root yang sangat populer yang menawarkan pendekatan yang lebih canggih dan fleksibel dalam melakukan rooting perangkat Android.

Selain memberikan akses root, Magisk juga memungkinkan Anda untuk menyembunyikan status root dari aplikasi tertentu yang mungkin tidak berfungsi dengan perangkat yang telah di-root.

Ini memungkinkan Anda menggunakan aplikasi perbankan atau layanan yang memerlukan perangkat yang tidak di-root.

3. KingRoot

kingroot apk

KingRoot adalah aplikasi rooting Android yang sering digunakan dan populer. Aplikasi ini menawarkan fungsi “one-click root” yang memudahkan proses rooting. KingRoot mendukung berbagai perangkat Android dan dapat menjadi pilihan yang baik untuk melakukan rooting pada perangkat Anda.

Namun, harap diingat bahwa KingRoot tidak tersedia di Play Store dan Anda perlu mengunduhnya dari sumber yang terpercaya.

4. CF-Auto-Root

Cara Root Android dengan CF Auto Root

CF-Auto-Root adalah alat rooting yang dikembangkan oleh Chainfire, pengembang SuperSU. Alat ini mendukung banyak perangkat Android dari berbagai produsen. CF-Auto-Root memungkinkan Anda melakukan rooting perangkat Anda dengan mudah melalui komputer dengan bantuan program seperti Odin untuk perangkat Samsung.

5. TWRP (Team Win Recovery Project)

twrp recovery download

TWRP bukanlah aplikasi root, tetapi merupakan pemulihan kustom yang populer di kalangan pengguna Android yang di-root.

Dengan menggunakan TWRP, Anda dapat menginstal ROM khusus, melakukan cadangan dan pemulihan sistem, serta menginstal modifikasi lainnya pada perangkat Android Anda.

TWRP memungkinkan Anda untuk melakukan rooting perangkat Anda dengan cara yang lebih aman dan bisa dikatakan lebih handal.

6. Root Genius

Root Genius

Root Genius adalah aplikasi root Android yang mudah digunakan dan mendukung berbagai perangkat Android. Aplikasi ini menawarkan proses rooting yang cepat dan otomatis dengan sekali klik. Namun, harap diingat bahwa aplikasi ini juga tidak tersedia di Play Store dan Anda harus mengunduhnya dari sumber yang terpercaya.

Selalu Berhati-hati saat Melakukan Rooting

Harap dicatat bahwa beberapa aplikasi root mungkin tidak tersedia di Play Store, dan Anda perlu mengunduhnya dari sumber yang terpercaya. Selalu pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan lakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan aplikasi tertentu untuk melakukan rooting perangkat Anda.

Keputusan yang Bijak sebelum Melakukan Rooting

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan rooting perangkat Android Anda, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu Anda pikirkan:

1. Ketahui Risiko dan Konsekuensi

Penting untuk memahami risiko dan konsekuensi yang terkait dengan rooting perangkat Android Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rooting dapat membatalkan garansi perangkat Anda, meningkatkan risiko keamanan, dan mempengaruhi stabilitas sistem.

Selain itu, jika rooting dilakukan dengan tidak benar, itu dapat menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat Anda. Pastikan Anda siap menghadapi risiko ini sebelum melanjutkan.

2. Cari Tahu tentang Perangkat Anda

Tidak semua perangkat Android dapat di-root dengan menggunakan aplikasi yang sama. Pastikan Anda mencari informasi tentang perangkat Anda dan apakah ada metode rooting yang telah terbukti berhasil untuk perangkat tersebut.

Selain itu, perlu juga untuk memeriksa apakah perangkat Anda mungkin kehilangan fitur atau fungsi tertentu setelah di-root.

3. Back-Up Data Anda

Sebelum melakukan proses rooting, sangat penting untuk mencadangkan semua data penting yang ada di perangkat Anda. Rooting dapat menghapus data yang ada atau menyebabkan kerusakan pada perangkat Anda.

Dengan mencadangkan data Anda, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki salinan yang aman jika terjadi masalah selama proses rooting.

4. Cari Tahu Lebih Lanjut

Sebelum melakukan rooting, lakukan riset lebih lanjut tentang proses tersebut. Baca panduan dan tutorial yang andal, dan periksa forum atau komunitas pengguna Android untuk mendapatkan panduan dan nasihat dari pengguna yang berpengalaman.

Memiliki pemahaman yang baik tentang proses rooting akan membantu Anda melakukannya dengan lebih aman dan efektif.

Rooting perangkat Android dapat memberikan akses penuh ke perangkat Anda dan memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan pengalaman Android Anda. Namun, penting untuk menyadari risiko dan konsekuensi yang terkait dengan proses ini.

Selalu lakukan riset yang cermat, dan pastikan untuk menggunakan aplikasi dan metode rooting yang terpercaya dan sesuai dengan perangkat Anda.

Menggunakan aplikasi root APK Android terbaik dapat membantu Anda dalam proses rooting. Beberapa aplikasi yang disebutkan di atas, seperti SuperSU, Magisk, KingRoot, CF-Auto-Root, TWRP, dan Root Genius, telah terbukti populer dan dapat diandalkan.

Namun, ingatlah bahwa pengetahuan saya terbatas hingga September 2021, dan ada kemungkinan bahwa ada aplikasi root baru yang dirilis setelah itu. Selalu lakukan riset terkini dan pastikan untuk menggunakan aplikasi yang terpercaya dan sesuai dengan perangkat Anda.