Mengatasi Masalah Kartu Memori (SD Card) yang Rusak dan Tidak Terbaca

  • febi mahesa
  • Aug 28, 2023
Mengatasi Masalah Kartu Memori (SD Card) yang Rusak dan Tidak Terbaca

Ruang penyimpanan merupakan elemen penting dalam smartphone kita. Baik itu data sistem, foto, musik, atau dokumen, semuanya membutuhkan ruang penyimpanan yang memadai. Hal ini dipenuhi oleh memori internal (ROM) dan kartu memori eksternal (SD Card).

Namun, seringkali kita menghadapi masalah dengan kartu memori yang tiba-tiba rusak dan tidak terbaca. Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab SD Card Tiba-tiba Kosong Tidak Terbaca

Penyebab SD Card Tiba tiba Kosong Tidak Terbaca

Dalam artikel ini kami akan membahas penyebab umum serta solusi efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Simak artikel ini hingga akhir untuk menemukan poin-poin penting yang akan membantu Anda memperbaiki SD Card yang kosong secara tiba-tiba dan menghadapi masalah sistem file yang tidak didukung oleh Android.

1. File System SD Card Tidak Cocok

Salah satu penyebab utama SD Card tiba-tiba kosong adalah file system yang tidak cocok dengan penggunaan pada smartphone.

Jika file system SD Card tidak kompatibel, maka perlu dilakukan langkah-langkah untuk memformat ulang SD Card tersebut. Hal ini akan memastikan kesesuaian file system dengan perangkat Android Anda.

Solusi: Memformat Ulang SD Card

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memformat ulang SD Card. Namun, penting untuk diingat bahwa ini akan menghapus semua data yang ada di SD Card. Pastikan untuk melakukan backup terlebih dahulu jika ada file penting yang perlu disimpan.

Setelah itu, Anda dapat memformat ulang SD Card melalui pengaturan perangkat Android atau menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

2. Belum Diformat

Salah satu alasan umum SD Card tiba-tiba kosong adalah karena belum diformat sebelum digunakan pada smartphone. Terkadang, pengguna lupa atau tidak menyadari bahwa mereka perlu memformat SD Card sebelum menggunakannya.

Solusi: Memformat SD Card

Jika SD Card Anda belum diformat, Anda perlu melakukan langkah-langkah untuk memformatnya. Anda dapat melakukannya melalui pengaturan perangkat Android atau menggunakan komputer dengan bantuan pembaca kartu SD.

Pastikan Anda telah memilih opsi yang sesuai dengan perangkat Anda dan ikuti instruksi yang diberikan untuk memformat SD Card dengan benar.

3. Data Korup

Penyebab lain yang sering menyebabkan SD Card tidak dapat menampilkan isi secara tiba-tiba adalah data yang rusak atau korup. Data yang rusak atau korup dapat membuat SD Card tidak dikenali oleh sistem smartphone, sehingga file-file tersebut tidak dapat ditampilkan.

Solusi: Memulihkan Data dan Memformat SD Card

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan data yang dapat memulihkan file-file yang rusak atau korup.

Ada banyak perangkat lunak yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda dalam proses ini. Setelah berhasil memulihkan data yang penting, Anda dapat memformat ulang SD Card untuk memastikan keandalan dan kinerjanya.

Cara Memperbaiki SD Card Blank Atau Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki SD Card Blank Atau Tidak Terbaca

Kami telah menemukan cara-cara yang sangat membantu untuk memperbaikinya dan mengatasi masalah sistem file yang tidak didukung oleh Android. Dengan langkah-langkah yang kami bagikan, Anda akan mendapatkan panduan praktis untuk menghidupkan kembali SD card Anda.

1. Periksa dan Bersihkan Kartu Memori

Langkah pertama adalah memeriksa kartu memori secara fisik. Lepaskan kartu memori dari perangkat dan periksa apakah ada kerusakan fisik seperti goresan atau kotoran.

Jika ada, bersihkan kartu memori dengan lembut menggunakan kain bersih atau tisu. Pastikan kartu memori dalam kondisi baik sebelum melanjutkan langkah berikutnya.

2. Cek File System Kartu Memori

Kartu memori yang tidak terbaca mungkin memiliki masalah dengan sistem file-nya. Anda dapat memeriksa dan memperbaiki masalah ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Hubungkan kartu memori ke komputer menggunakan pembaca kartu.
  • Buka “File Explorer” atau “Windows Explorer” di komputer Anda.
  • Klik kanan pada ikon kartu memori dan pilih “Properties“.
  • Pada tab “Tools“, klik “Check” atau “Check Now” di bagian “Error Checking“.
  • Pilih opsi “Automatically fix file system errors” dan “Scan for and attempt recovery of bad sectors“.
  • Klik “Start” dan tunggu proses pemeriksaan dan perbaikan selesai.

Setelah proses selesai, lepaskan kartu memori dengan aman dari komputer dan coba masukkan kembali ke perangkat Anda. Periksa apakah kartu memori sekarang dapat terbaca dengan baik.

3. Format Ulang Kartu Memori

Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk memformat ulang kartu memori. Namun, sebelum melakukan ini, pastikan Anda telah mem-backup semua data penting yang ada di kartu memori, karena proses format akan menghapus semua data yang ada di dalamnya. Berikut langkah-langkah untuk memformat kartu memori:

  • Hubungkan kartu memori ke komputer menggunakan pembaca kartu.
  • Buka “File Explorer” atau “Windows Explorer” di komputer Anda.
  • Klik kanan pada ikon kartu memori dan pilih “Format“.
  • Pilih opsi format yang diinginkan (misalnya FAT32 atau exFAT) dan beri nama pada kartu memori jika diinginkan.
  • Klik “Start” untuk memulai proses format.
  • Setelah proses selesai, lepaskan kartu memori dengan aman dari komputer dan coba masukkan kembali ke perangkat Anda.

Setelah format selesai, kartu memori sekarang seharusnya dapat terbaca dengan baik dan siap digunakan kembali.

4. Gunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data

Jika Anda telah mencoba langkah-langkah di atas dan masih tidak berhasil mengembalikan kartu memori yang rusak, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat lunak pemulihan data.

Ada banyak perangkat lunak yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda memulihkan data dari kartu memori yang rusak.

Cari perangkat lunak yang terpercaya dan ikuti panduan yang disediakan untuk menggunakan perangkat lunak tersebut.

5. Ganti Kartu Memori

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah, kemungkinan besar kartu memori Anda mengalami kerusakan fisik yang tidak dapat diperbaiki. Dalam hal ini, solusi terbaik adalah mengganti kartu memori yang rusak dengan yang baru.

Kartu memori yang rusak dan tidak terbaca dapat menjadi masalah yang mengganggu. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengatasi masalah tersebut.

Mulailah dengan memeriksa dan membersihkan kartu memori, lalu periksa sistem filekartu memori, dan jika perlu, format ulang kartu memori.

Jika semua langkah tersebut tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat lunak pemulihan data atau mengganti kartu memori yang rusak dengan yang baru.

Selalu penting untuk menjaga kartu memori dengan baik dan menghindari kerusakan fisik. Hindari menjatuhkan kartu memori, memaparkannya pada suhu yang ekstrem, atau menyimpannya di tempat yang lembab. Selain itu, pastikan Anda selalu melakukan backup data penting yang ada di kartu memori secara teratur.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengatasi masalah kartu memori yang rusak dan tidak terbaca.

Tetap tenang, bersabarlah, dan perhatikan langkah-langkah dengan teliti. Jika Anda masih mengalami kesulitan, disarankan untuk menghubungi layanan dukungan pelanggan atau membawa kartu memori Anda ke pusat layanan terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.