Cara Memperbaiki Keyboard yang Tidak Berfungsi Sebagian di Laptop

  • febi mahesa
  • Aug 27, 2023
Cara Memperbaiki Keyboard yang Tidak Berfungsi Sebagian di Laptop
Laptop adalah perangkat yang sangat vital bagi banyak orang, terutama mahasiswa dan para pekerja. Dalam kehidupan sehari-hari, laptop digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas, seperti mengetik, menghitung, dan browsing.
Namun, masalah yang serius dapat terjadi jika keyboard laptop tidak berfungsi sebagian, karena hal ini dapat menghambat kelancaran pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Periksa Kemungkinan Adanya Virus

Virus dapat menjadi penyebab utama keyboard laptop tidak berfungsi. Pertama, lakukan pemeriksaan komprehensif pada laptop Anda dan pastikan untuk membersihkannya dari virus dengan menggunakan program antivirus yang terbaru.

Jika virus ditemukan, bersihkan laptop Anda sepenuhnya. Ini mungkin memperbaiki masalah dan mengembalikan fungsi pada keyboard yang tidak berfungsi.

2. Gunakan Keyboard Eksternal

Jika masalah terletak pada keyboard internal laptop yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik, solusi yang cepat dan sederhana adalah menggunakan keyboard eksternal. Anda dapat membeli keyboard eksternal yang kompatibel dengan laptop Anda di pasaran.

Keuntungan menggunakan keyboard eksternal adalah Anda dapat melanjutkan pekerjaan Anda tanpa harus menunggu perbaikan keyboard internal atau mengeluarkan biaya servis yang tinggi.

3. Perbarui Driver Keyboard

Driver keyboard yang tidak terbaru atau korup bisa menyebabkan masalah pada keyboard laptop. Anda dapat mencoba memperbarui driver keyboard melalui Device Manager. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik tombol “Start” dan ketik “Device Manager” di kotak pencarian.
  • Pilih “Device Manager” dari hasil pencarian.
  • Cari kategori “Keyboard” dan klik tanda panah di sebelahnya untuk mengembangkannya.
  • Klik kanan pada keyboard yang tidak berfungsi sebagian dan pilih “Update driver”.
  • Pilih opsi “Search automatically for updated driver software” dan biarkan proses pencarian selesai.
  • Jika driver terbaru ditemukan, instal pembaruan tersebut dan restart laptop Anda.

Setelah memperbarui driver keyboard, periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

4. Bersihkan Keyboard

Ketika keyboard laptop terkena debu, kotoran, atau tumpahan cairan, itu bisa mengganggu kinerjanya. Anda dapat mencoba membersihkan keyboard dengan hati-hati menggunakan semprot udara atau sikat lembut. Pastikan laptop dalam keadaan mati dan cabut kabel daya sebelum membersihkan keyboard.

Jika ada tumpahan cairan, segera matikan laptop dan coba bersihkan dengan lap yang lembab. Hindari penggunaan cairan berbasis alkohol yang keras, karena dapat merusak keyboard.

5. Periksa Koneksi Kabel Internal

Keyboard laptop terhubung ke motherboard melalui kabel internal. Kemungkinan ada masalah pada koneksi kabel tersebut, yang dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi sebagian.

Untuk memeriksa ini, Anda perlu membuka casing laptop (jika Anda merasa nyaman melakukannya) dan memeriksa apakah koneksi kabel keyboard ke motherboard longgar atau rusak.

Jika ada masalah dengan kabel, Anda dapat mencoba memperbaikinya atau menggantinya dengan kabel yang baru.

6. Lakukan Pemulihan Sistem

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba melakukan pemulihan sistem pada laptop. Pemulihan sistem dapat memperbaiki masalah perangkat lunak yang mungkin menyebabkan keyboard tidak berfungsi sebagian.

Pastikan Anda mencadangkan semua data penting sebelum melakukan pemulihan sistem, karena proses ini akan mengembalikan laptop ke kondisi awal. Caranya akan sedikit berbeda tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan.

Jika masalah keyboard laptop Anda masih tidak teratasi setelah mencoba langkah-langkah di atas, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari teknisi komputer yang berpengalaman atau menghubungi layanan servis resmi untuk memperbaiki masalah tersebut. Mereka dapat melakukan pemeriksaan lebih mendalam dan memperbaiki perangkat keras jika diperlukan.

Demikianlah beberapa cara mengatasi keyboard tidak berfungsi sebagian di laptop Anda. Penting untuk diingat bahwa setiap laptop dan konfigurasi sistem dapat memiliki varian yang berbeda, sehingga beberapa langkah mungkin tidak berlaku untuk semua kasus.

Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin dalam melakukan perbaikan sendiri, sebaiknya serahkan tugas tersebut kepada profesional yang berpengalaman.

Semoga informasi ini berguna bagi Anda dalam mengatasi masalah keyboard laptop. Tetaplah berhati-hati dan selalu jaga kebersihan keyboard serta lakukan perawatan yang rutin untuk menjaga kinerja laptop agar tetap optimal.