Cara Hemat Memori Android Agar Tidak Penuh, Terbukti Ampuh!

  • febi mahesa
  • Aug 23, 2023
Cara Hemat Memori Android Agar Tidak Penuh, Terbukti Ampuh!
Cara Hemat Memori Android

Pada zaman yang serba digital ini, smartphone Android telah menjadi perangkat yang sangat populer di seluruh dunia.

Namun, salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh pengguna Android adalah ruang penyimpanan atau memori yang cepat penuh.

Ketika memori ponsel sudah penuh, performa perangkat dapat menurun drastis, menyebabkan ponsel menjadi lambat, aplikasi sering force close, dan bahkan layar ponsel dapat mengalami kebuntuan.

Jika Anda mengalami masalah ini dan ingin menghemat memori Android Anda agar penyimpanan tidak selalu penuh, berikut ini adalah beberapa cara yang terbukti ampuh:

1. Tambahkan Memori Eksternal

Memori Eksternal

Jika kapasitas memori internal ponsel Android Anda terbatas, tambahkan memori eksternal dengan memasang kartu microSD.

Dengan menambahkan memori eksternal, Anda dapat memiliki lebih banyak ruang penyimpanan untuk data, foto, dan video.

Keuntungannya adalah saat Anda memindahkan file penting ke memori eksternal, file-file tersebut tidak akan menghabiskan ruang penyimpanan internal yang biasanya digunakan untuk mengunduh aplikasi.

2. Gunakan Aplikasi Storage Analyzer

Aplikasi Storage Analyzer

Anda dapat mengunduh aplikasi Storage Analyzer dari Google Play Store. Aplikasi ini berguna untuk memantau penggunaan ruang penyimpanan atau memori pada ponsel Android Anda.

Dengan rutin memeriksa ketersediaan penyimpanan melalui pengaturan dan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui aplikasi atau file mana yang jarang digunakan atau tidak begitu penting, sehingga dapat menghapusnya.

3. Bersihkan Cache

Bersihkan Cache

Cache dari aplikasi dapat menyebabkan memori ponsel cepat penuh karena cache yang menumpuk tidak dibersihkan oleh pengguna. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membersihkan cache aplikasi secara rutin.

Caranya cukup mudah, masuk ke pengaturan ponsel, pilih “Apps“, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya, dan klik “Clear Cache“. Anda juga dapat memeriksa perbandingan penggunaan memori sebelum dan setelah membersihkan cache.

4. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Apakah Anda memiliki banyak aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan? Mungkin saatnya untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut.

Periksa aplikasi yang ada di ponsel Anda dan hapus aplikasi yang tidak diperlukan. Dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan, Anda dapat membuat ruang penyimpanan menjadi lebih lega.

5. Pasang Antivirus di HP

Antivirus di HP

Memasang antivirus di ponsel Android Anda sangat penting untuk melindungi perangkat dari malware. Antivirus dapat mendeteksi file atau aplikasi yang berpotensi membahayakan perangkat Anda.

Dengan memasang antivirus, Anda dapat dengan mudah menghapus file atau aplikasi yang berbahaya, sehingga memori ponsel tetap stabil.

6. Cadangkan File

Salah satu cara hemat memori Android adalah dengan mencadangkan file penting Anda menggunakan layanan seperti Google Photos. Dengan mem-backup file-file tersebut, Anda dapat menghapusnya dari memori ponsel dan tetap memiliki salinan yang tersimpan secara aman di cloud.

7. Gunakan Google Cloud Storage

Google Cloud Storage

Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, Anda dapat memanfaatkan Google Cloud Storage (GCS). GCS menyediakan ruang penyimpanan online yang luas untuk berbagai macam file di ponsel Android Anda.

Anda dapat memindahkan file penting ke GCS agar tidak menghabiskan ruang penyimpanan memori ponsel lainnya. Kelebihannya, GCS mudah diakses dan menyediakan fitur arsip yang sederhana.

8. Hindari Memasang Fitur Konten Online

Beberapa aplikasi seperti OneNote, Spotify, atau YouTube memiliki fitur konten offline yang memungkinkan Anda mengakses konten tanpa menggunakan data seluler.

Namun, fitur ini dapat menghabiskan ruang penyimpanan pada ponsel Anda. Jika memori ponsel Anda terbatas, sebaiknya hindari memasang terlalu banyak fitur konten offline.

9. Hapus Manual File

Hapus Manual File

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menghapus file secara manual:

  • Buka aplikasi File Manager di ponsel Anda. Biasanya, aplikasi ini sudah terpasang secara default di banyak ponsel Android.
  • Telusuri folder dan file di ponsel Anda. Cari file yang tidak lagi Anda butuhkan atau file yang memakan ruang penyimpanan yang besar.
  • Pilih file yang ingin Anda hapus dengan menekan dan menahan file tersebut.
  • Biasanya, akan muncul opsi untuk menghapus atau menghapus file tersebut. Pilih opsi yang sesuai untuk menghapus file dari perangkat Anda.
  • Anda juga dapat memilih beberapa file sekaligus dengan menekan dan menahan file pertama, kemudian secara bersamaan memilih file-file lainnya.
  • Setelah selesai memilih file, cari ikon tong sampah atau opsi “Hapus” untuk menghapus file-file tersebut secara permanen dari perangkat Anda.

10. Gunakan Aplikasi Pembersih

Aplikasi Pembersih

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pembersih atau cleaner yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini dapat membantu Anda membersihkan file-file yang tidak perlu, cache aplikasi, dan file sementara lainnya dengan cepat dan efisien.

11. Perbarui Perangkat Lunak

Perbarui Perangkat Lunak

Seringkali, pembaruan perangkat lunak terbaru dari produsen ponsel Android menghadirkan peningkatan efisiensi dalam pengelolaan memori.

Pastikan Anda memperbarui perangkat lunak ponsel Anda ke versi terbaru yang tersedia. Pembaruan ini mungkin mengoptimalkan penggunaan memori dan memberikan peningkatan kinerja secara keseluruhan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menghemat memori pada perangkat Android Anda dan menghindari masalah memori penuh. Pastikan untuk secara teratur memeriksa penggunaan memori Anda dan menghapus file-file yang tidak diperlukan agar ponsel tetap berjalan lancar.

Related Post :